SOSIALISAI E-PPGBM BAGI KADER POSYANDU

  • Dec 08, 2022
  • Admin Desa Kalibalik

Kalibalik, 6 Desember 2022.

Di aula Balai Desa Kalibalik dilaksanakan kegiatan Sosialisasi aplikasi elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM) oleh petugas Gizi PUSKESMAS Banyuputih. Acara ini diikuti kader posyandu dan KPM se-Desa Kalibalik.

Pencatatan dan pelaporan kesehatan berbasis masyarakat di Posyandu dan Puskesmas kini makin mudah, karena Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang telah memiliki aplikasi elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM). Bahkan, aplikasi tersebut juga terus disosialisasikan kepada Kader Posyandu dan Kader Pembangunan Manusia agar Kader dapat mengerti saat menggunakannya.

Ibu Riena petugas Gizi PUSKESMAS Banyuputih mengatakan, aplikasi e-PPGBM merupakan pencatatan dan pelaporan berbasis masyarakat dengan teknologi elektronik. Dengan aplikasi tersebut, dapat merekam data individu dan hasil penimbangan, terutama di Posyandu serta mengolah hasil input data tersebut menjadi status gizi.

Dengan aplikasi e-PPGBM, diharapkan bisa lebih optimal dalam deteksi dini masalah gizi, dan melalukan intervensi sesuai kondisi. Selain itu, juga bisa mempertahankan status gizi yang sudah baik atau normal melalui konseling gizi, penimbangan rutin dan pengasuhan yang baik.